Langsung ke konten utama

Berbagi Informasi dan Belajar Android Mudah

Berbagi Informasi dan Belajar Android Mudah di BelajarDroidCom

Sebagai salah satu elektronik canggih masa kini, Android memang kian banyak peminatnya. Dengan bentuk yang sebegitu praktis, serta fitur-fitur di dalamnya yang terbilang lengkap, tentu Android dapat menjadi semacam alat efektif lagi efisien  dalam menunjang kehidupan sehari-hari manusia. Namun demikian, sehubungan dengan kehadiran Android di Indonesia yang belum lama, maka wajar jika tak sedikit yang belum sanggup mengoptimalkan segala fasilitas pada Android.

Nah, menanggapi problema di atas, BelajarDroid.com (sebagai blog komunitas bagi pengguna pemula Android) hadir menyajikan berbagai macam informasi, tips, tutorial, serta berita seputar sistem operasi Android. Selain materi-materi/postingan yang menarik, tampilan situs yang simple memberikan kenyamanan tersendiri ketika Anda mengunjungi BelajarDroid.com

#UPDATE 2 Agustus 2013: Situs belajardroid tidak bisa diakses, dan setiap kali Saya coba membukanya muncul semacam ini:
belajardroid ofline | tempat belajar android

Sedikitnya terdapat lima kategori page yang bisa membantu Anda selama belajar Android:
  •  News
  1. Android 123: Berisi artikel mengenai elektronik canggih (Smartphone atau Android) beserta komponen-komponennya.
  2. Headline: Berisi berita terkait elektronik canggih dan semacam video tutorial.
  3. Off Topic: Berisi kabar lomba/kontes dan beberapa promosi lainnya.
  • Reviews
  1. Phones: Birisi informasi tentang merek/produk elektronik canggih
  2. Recomendation
  • Tips: Menjelaskan beberapa tips mengoptimalkan Android.
  • Root: Berisi tutorial untuk root Android.
  • F.A.Q: Tempat untuk bertanya.

Di samping belajar Android, bagi Anda yang senang menulis dapat pula berbagi berita terbaru, pendapat mengenai Android, pengalaman menggunakan Android, lewat BelajarDroid kepada khalayak umum. Lalu, bagaimana caranya? Berikut adalah penjelasannya:

Untuk mengirim artikel, Anda bisa mengirim ke yanhr [at] belajardroid [dot] com. Akan tetapi, saya menyarankan supaya mendaftarkan diri (sign up) dulu di BelajarDroid.com. Mengapa? Karena hanya pembaca yang telah mendaftar yang dapat mengirim artikel via blog editor. Dengan register, itu artinya Anda juga sudah mendaftar sebagai Author, dan bisa mengirim artikel langsung (tanpa lewat email) ke BelajarDroid.com.

Berikut ini step-step mengirim artikel ke BelajarDroid:

Sebelum Anda posting artikel baru, sebaiknya tulis terlebih dahulu menggunakan word processing di pc/laptop/handphone Anda agar lebih fokus dan tidak menghabiskan banyak waktu tersambung online dengan internet. Diantaranya dengan menggunakan notepad, evernote atau tools pad sejenis supaya text yang akan anda copy paste tetap berupa plain text.

(1) Isikan titlenya, dan kosongkan saja bagian alias
(2)
Keterangan:
Berbagi Informasi dan Belajar Android Mudah di BelajarDroidCom - editor tools
klik untuk perbesar
  1. JATypo: Pengaturan seperti Highlight, List angka 1, 2, 3, dst
  2. Article: Untuk menampilkan link ke artikel lain di BelajarDroid.com
  3. Image: Untuk mamilih atau Upload Gambar yang akan digunakan di artikel.
  4. Read More: Gunakan Read more untuk memisahkan konten yang akan ditampilkan pada halaman depan.
(3)Kosongkan Field lainnya karena akan terisi secara otomatis.

(4)Masukan Deskripsi singkat artikel dan Tag pada Field Meta karena ini yang akan terbaca oleh mesin pencari seperti Google.

(5)Kembali ke atas, lalu Click "Save".

(6)Artikel Anda telah tersimpan dan "Kontributor Tetap" akan me-review terlebih dahulu sebelum menayangkannya.
Selama berbagi ilmu maupun pengalaman di BelajarDroid, ada beberapa catatan yang wajib diketahui dan dipatuhi:
  • Setiap artikel yang dikirim akan diseleksi terlebih dahulu sebelum ditayangkan. BelajarDroid hanya akan menayangkan artikel dengan penulisan yang berkualitas dan memenuhi syarat.
  • BelajarDroid tidak mentoleransi artikel dari hasil plagiat atau copy paste. Jika memang mengambil dari tempat lain, cantumkan keterangan sumbernya.
  • Penggunaan gambar diperolehkan dengan mengupload gambar ke server belajarDroid (jpg, png, dan gif). Ukuran maksimal file adalah 100 kb/image atau 500kb/artikel. Sedangkan untuk ukuran lebar gambar Full page adalah 610 pixels. Jangan lupa! Cantumkan sumber serta jenis copyright gambar tersebut apabila ada.
  • Penggunaan video dari YouTube cukup dengan mencantumkan video id dari video tersebut ke dalam tag {*youtube}ID VIDEO{*/youtube} (tag tanpa bintang).
  • Link menuju halaman lain diperolehkan selama masih berhubungan dan mendukung artkel tersebut. Link ditulis dengan lengkap (shorten url tidak diperkenankan).
  • Artikel dengan materi promosi hanya diperkenankan bagi developer Android untuk memperkenalkan produk.
  • Setiap artikel yang ditayangkan akan mencantumkan nama penulisnya. 
  • “Kontributor Tetap” berhak untuk mengedit atau menghapus image apabila dirasa perlu.
Akhirnya, sudah bukan zamannya lagi punya Android tapi sekedar buat ngegaya dan ngegames terus, kan ada BelajarDroid.com? tempat di mana kita bisa belajar Android secara gratis ataupun share informasi berkaitan dengan Android kepada publik.

Komentar

  1. hp android mah emang mantebss deh.. sama apps dan features nya.. :D cuman sayang ane kagak punya. :3 muehehehe

    BalasHapus
  2. wah aku blm punya sob..
    jd ikut nyimak aja la dulu..

    BalasHapus
  3. btul tuh saya juga g punyaa

    BalasHapus
  4. menyimak dah,,hehe wa suka android karna open sourcenya dan using for consumen..

    berkunjung di blog sobat.. Minal Aidzin Wal Faidzin Mohon Maaf lahir dan bathin ea..

    -Master Venomia-

    BalasHapus
  5. @Unlimit -Soft: Belum punya aja udah bisa bilang mantebs, apalagi kalau udah punya. Iyakan? semoga lekas punya deh.

    @eflianda BlogzZz: Bolehlah, nyimak juga gratis kok, gak harus yg sdh punya Android.

    @tyo: Makanya beli, Sob.. hehehe :)

    @Dwi Rachmat: sama-sama, Sob. Mohon maaf lahir dan batin. ngomong-ngomong mana nih salam tempelnya. hehe :-)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Manusia Pertama : Teori Darwin Atau Nabi Adam

Tentang Manusia Pertama : Teori Darwin Atau Nabi Adam Berbicara mengenai sejarah manusia memang dapat menimbulkan rasa tertarik yang begitu membara. Namun demikian, pembahasan tentang sejarah manusia juga tetap tidak bisa lepas dari perasaan bosan lantaran membingungkan. Ketertarikan mempelajarinya timbul sebagai akibat dari berbagai manfaat yang akan dapat diperoleh. Diantaranya ialah bisa mengkaji kehidupan manusia, mulai dari awal hingga saat ini. Sedangkan kebencian belajar sejarah manusia tidak lain disebabkan oleh banyaknya literatur yang tak jarang memberikan informasi berbeda-beda. Kondisi ini wajar karena fakta-fakta pendukung sulit sekali ditemukan, dan kalau sudah ketemu tidak mudah untuk memahami maksudnya. Alhasil, kemudian banyak ilmuwan yang coba mengeluarkan gagasan tentang awal mula manusia berdasarkan ilmu serta bukti yang telah mereka peroleh. Sehingga wajar ketika saat ini sering muncul perdebatan sengit menyangkut kebenaran informasi sejarah. Salah satu yang

Pemanfaatan Teknologi Secara Bijak untuk Indonesia

Pemanfaatan Teknologi Secara Bijak untuk Indonesia Kehadiran teknologi digital memang secara langsung maupun tidak langsung telah memberikan kontribusi yang begitu besar terhadap perkembangan dunia. Di tengah hiruk-pikuk kehidupan seluruh manusia, teknologi agaknya merupakan suatu kebutuhan vital yang paling tidak bisa untuk ditinggalkan. Globalisasi tanpa disadari sudah memaksa setiap orang berbaur dengan segala macam bentuk teknologi. Nekat menolak teknologi akan sama halnya dengan membuang diri jauh ke masa lalu. Sedangkan tidak malu menyalahgunakannya adalah sikap “membunuh“ diri sendiri. Oleh karena itu sebagai bangsa Indonesia yang tak mau terus-menerus tertinggal, tentu mesti bergerak cepat dan tepat terhadap teknologi. Apalagi teknologi cakupannya kompleks dan nyaris menyentuh segala lini kehidupan, maka tiada alasan bagi semuanya untuk tidak mau dan tidak mampu memanfaatkan teknologi yang ada secara bijak dan maksimal. Bentuk pemanfaatan teknologi digital sendiri cu