Langsung ke konten utama

Polusi, Pencemaran, Perubahan Iklim | Manusia dan Bumi (Alam)

pencemaran, perubahan iklim, polusi Polusi, Pencemaran, Perubahan Iklim | Manusia dan Bumi (Alam)

Polusi, pencemaran, juga perubahan iklim merupakan serangkaian fenomena tak terpisahkan yang terjadi diakhir-akhir ini. Dan kesemua itu, tidak bisa lepas dari tindak-tanduk sang dalangnya, yaitu manusia. Meskipun, jika berbicara masalah perubahan iklim, tidaklah sepenuhnya ialah akibat manusia. Karena perubahan iklim sendiri merupakan sebuah siklus alam yang juga pernah terjadi pada saat dulu kala. Hanya saja dari siklus alam tersebut, manusia tetap berperan aktif dalam memperparah kondisi (dampak) perubahan iklim. Gelar sebagai sang penguasa kekayaan alam bisa jadi yang telah membuat kebanyakan insan terlena kemudian menyelewengkannya. 

Kemajuan zaman serta teknologi yang semestinya mampu membawa kearah lebih baik, justru disalahgunakan untuk membantu aksi tangan-tangannya melakukan tindak anarki terhadap Sumber Daya Alam (SDA), maupun alam (lingkungan) sekitar. Sikapnya yang cenderung mementingkan diri sendiri, tanpa memikirkan atau merenungkan efeknya untuk lingkungan, orang lain, dan masa depan, agaknya sudah mendarah daging. Bahkan mungkin nyaris menjadi sesuatu yang wajar dilakukan.

           Tidaklah perlu pusing-pusing mencari contoh-contohnya. Karena memang kelakuan tersebut telah bisa dibilang menjadi kebiasaan sehari-hari dihampir semua tempat.
  • Penggunaan kendaraan atau alat transportasi berstatus tidak ramah lingkungan. Yang mana secara otomatis dan pasti akan menambah jumlah gas karbon dioksida diudara. Selanjutnya, dengan respons acuh tak acuh seperti saat ini, akibatnya polusi udara menyebar kemana-mana dan kian merajalela. Hingga pada klimaksnya disamping jumlah udara bersih-sehat (oksigen) semakin langka, kini lapisan ozon yang menyelimuti sekaligus melindungi bumi juga mengalami penipisan, bahkan bolong. Sehingga sejak beberapa tahun lalu muncullah peristiwa baru yang dinamai pemanasan global atau ngertrend dengan sebutan global warming.
  • Penebangan, pembakaran, dan pembalakan hutan secara ugal-ugalan tanpa diimbangi reboisasi. Entah itu dengan alasan untuk membuka lahan atau lain sebagainya. Alhasil, pohon-pohon yang pada fungsi sebenarnya sebagai penetral udara (membuat gas karbon dioksida menjadi oksigen), hanya tersisa imajinasi belaka. Jumlah pohon dan gas karbon dioksida yang setidak-tidaknya sejajar, sekarang malah menunjukkan bahwa keduanya saling bertolak belakang. Gas karbon dioksida terus diproduksi, sedangkan pohon begitu cepat lenyap.
  • Membuang sampah dan limbah, baik dari pabrik maupun rumah tangga disembarang tempat (sungai, laut, dalam tanah, dst), tanpa dilakukan filtrasi dan pengelompokkan sebelumnya. Sehingga barang atau sisa-sisa yang seyogianya masih bisa didaur ulang dan dengan sedikit sentuhan kreativitas mampu bernilai ekonomi, turut ludes. Tidak lupa pula bahan-bahan yang sulit terurai. Semua bersatu padu mengotori alam. Alias memicu meningkatnya pencemaran lingkungan.

polusi, pencemaran, perubahan iklim
Dari sedikitnya tiga kelakuan negatif nan konyol manusia diatas, puncak masalahnya yakni lahirnya keparahan perubahan iklim. Dimana, problem serius ini kiranya kini bukan menjadi sesuatu yang asing lagi. Sebab sudah dialami oleh semua makhluk hidup dibumi, baik saat ini ataupun dulu. Kendati demikian, bila dipahami betul, ada pula poin-poin menonjol yang membedakan perubahan iklim sekarang dengan yang lalu-lalu. Dalam konteks ini ialah dipandang dari tingkat kengerian serta semenegangkan apa akibat yang ditimbulkannya. Dari sana, realita berkata bahwa perubahan iklim yang kini terjadi terbilang lebih mengkhawatirkan. Atau tepatnya amat sangat menyeramkan. Jadi, maklum apabila kemuduan perihal perubahan iklim sampai-sampai berulang kali diangkat sebagai topik perbincangan sengit, rumit, berbelit-belit dan misterius, dalam berbagai konferensi tingkat dunia maupun diskusi para pakar, ilmuan, dan profersor bersangkutan. Sebab disadari bersama, bahwa mencari kemudian menemukan metode-metode akan jenis perubahan perilaku yang lebih jitu, efisien juga efektif dalam mengatasi, mengantisipasi dan menekan efek buruknya seminimal mungkin, membutuhkan proses panjang. Tidaklah hanya segampang membolak-balik telapak tangan. 

Dengan melihat sekaligus merasakan realita lingkungan masa kini, menjadi suatu yang tak perlu sekaligus `tidak sopan` rasanya bila kemudian diterima dengan ekspresi heran, terkejut, bingung, marah, dan nangis. Seharusnya dimengerti, bahwa rentetan persoalan diatas merupakan respon alam terhadap jerih payah manusia menyalahi aturan dan bertindak semena-mena yang tentunya kepada alam itu sendiri. Sedangkan perubahan iklim itu pun bukan akhir atau garis the end mua problematika alam. Dengan kata lain, ini baru mencapai tahap pertengahan sebagai titik awal sebelum menuju kehancuran yang sebenarnya Jika anda mengaku adalah orang yang tidak pernah luput dari berbagai macam informasi-informasi. Pasti anda telah tahu bahwa sempat ada kabar (isu) heboh yang mengatakan: dalam beberapa tahun kedepan Kota Jakarta akan tenggelam. Sedangkan apabila ditelisik sedikit lebih dalam lagi, berita tersebut bukanlah sekedar sebagai alat teror belaka, melainkan suatu kesimpulan yang berupa perkiraan atas segala runtutan kejadian yang terjadi didaerah (kota) tersebut. Seperti cuaca extra hot dikala musim kemarau, sehingga tidak jarang menjadi salah satu faktor terjadinya kebakaran hebat, seringnya terjadi banjir, banyaknya tanah yang ambles, kemacetan ,polusi juga pencemaran, dll.

Belum bersih betul rasa was-was menyelimuti warga Jakarta, isu berskala lebih super seram hadir melanda seluruh makhluk didunia. Dimana kabarnya, karena fenomena pemanasan global yang semakin menjadi-jadi akan mampu melelehkan berton-ton bongkahan es dikutub. Memang benar, sebagai manusia, kita belum memikirkan sampai seserius pada tahap ini. Jadi, segala pemicunya justru bertambah parah dan tak segera mendapat solusi beserta tindakan berarti. Kembali lagi pada permasalahan, kalau itu benar-benar akan kejadian, maka bukan mustahil kalau semesta daratan yang ada di muka bumi akan tenggelam. Harapan untuk kehidupanpun otomatis akan sirna.

polusi, pencemaran, perubahan iklimMenyadari betapa mengancamnya kondisi bumi saat ini serta begitu pentingnya menjaga bumi agar dapat digunakan sebagai tempat tinggal layak dimasa yang akan datang, sudah sepatutnya manusia dengan jabatan makhluk paling sempurna oleh akar pikirnya, mau dan mampu melakukan perubahan gedhe-gedhean. Dalam hal ini, tindakan anarki terhadap alamlah yang wajib diubah menjadi aksi konservasi pada alam. Entah itu dengan melakukan tindakan (1) penghijauaan hutan gundul secara besar-besaran untuk mengembalikan lagi suasana sejuk, asri, dan bersih (udara). (2) Pembuatan taman kota, guna mengurangi tingkat pengap, panas, dan polusi dipusat-pusat kota yang umumnya rawan ramai akan kendaraan bermotor dan banyak pabrik. (3) Menggalakkan gerakan penanaman sejuta pohon, supaya kenyamanan lingkungan tidak hanya dirasakan pada sekitaran hutan atau taman, melainkan disegala penjuru tempat. (4) Me-recycle barang bekas atau limbah menjadi barang yang bernilai ekonomi, agar volumenya yang dibuang kealam kecil, dan benar-benar tidak berakibatfatal terhadap pencemaran. (5) Penggunaan kendaraan ramah lingkungan oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun, untuk mengurangi kadar gas karbondioksida diudara. Apalagi ditengah sulitnya mendapatkan tempat untuk menanam pohon sebagai bentengnya, dan atau aksi-aksi peduli lingkungan lainnya.

Itulah opini Saya menyangkut Polusi, Pencemaran, Perubahan Iklim | Manusia dan Bumi (Respon Alam)
Terima kasih sudah baca. Jangan lupa kasih komentar ya.

Komentar

  1. Menciptakan kenyamanan lingkungan bisa kita mulai dari kesadaran diri sendiri untuk menjaganya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Manusia Pertama : Teori Darwin Atau Nabi Adam

Tentang Manusia Pertama : Teori Darwin Atau Nabi Adam Berbicara mengenai sejarah manusia memang dapat menimbulkan rasa tertarik yang begitu membara. Namun demikian, pembahasan tentang sejarah manusia juga tetap tidak bisa lepas dari perasaan bosan lantaran membingungkan. Ketertarikan mempelajarinya timbul sebagai akibat dari berbagai manfaat yang akan dapat diperoleh. Diantaranya ialah bisa mengkaji kehidupan manusia, mulai dari awal hingga saat ini. Sedangkan kebencian belajar sejarah manusia tidak lain disebabkan oleh banyaknya literatur yang tak jarang memberikan informasi berbeda-beda. Kondisi ini wajar karena fakta-fakta pendukung sulit sekali ditemukan, dan kalau sudah ketemu tidak mudah untuk memahami maksudnya. Alhasil, kemudian banyak ilmuwan yang coba mengeluarkan gagasan tentang awal mula manusia berdasarkan ilmu serta bukti yang telah mereka peroleh. Sehingga wajar ketika saat ini sering muncul perdebatan sengit menyangkut kebenaran informasi sejarah. Salah satu yang

Pemanfaatan Teknologi Secara Bijak untuk Indonesia

Pemanfaatan Teknologi Secara Bijak untuk Indonesia Kehadiran teknologi digital memang secara langsung maupun tidak langsung telah memberikan kontribusi yang begitu besar terhadap perkembangan dunia. Di tengah hiruk-pikuk kehidupan seluruh manusia, teknologi agaknya merupakan suatu kebutuhan vital yang paling tidak bisa untuk ditinggalkan. Globalisasi tanpa disadari sudah memaksa setiap orang berbaur dengan segala macam bentuk teknologi. Nekat menolak teknologi akan sama halnya dengan membuang diri jauh ke masa lalu. Sedangkan tidak malu menyalahgunakannya adalah sikap “membunuh“ diri sendiri. Oleh karena itu sebagai bangsa Indonesia yang tak mau terus-menerus tertinggal, tentu mesti bergerak cepat dan tepat terhadap teknologi. Apalagi teknologi cakupannya kompleks dan nyaris menyentuh segala lini kehidupan, maka tiada alasan bagi semuanya untuk tidak mau dan tidak mampu memanfaatkan teknologi yang ada secara bijak dan maksimal. Bentuk pemanfaatan teknologi digital sendiri cu

Berbagi Informasi dan Belajar Android Mudah

Berbagi Informasi dan Belajar Android Mudah di BelajarDroidCom Sebagai salah satu elektronik canggih masa kini, Android memang kian banyak peminatnya. Dengan bentuk yang sebegitu praktis, serta fitur-fitur di dalamnya yang terbilang lengkap, tentu Android dapat menjadi semacam alat efektif lagi efisien   dalam menunjang kehidupan sehari-hari manusia. Namun demikian, sehubungan dengan kehadiran Android di Indonesia yang belum lama, maka wajar jika tak sedikit yang belum sanggup mengoptimalkan segala fasilitas pada Android. Nah, menanggapi problema di atas, BelajarDroid.com (sebagai blog komunitas bagi pengguna pemula Android) hadir menyajikan berbagai macam informasi, tips, tutorial, serta berita seputar sistem operasi Android. Selain materi-materi/postingan yang menarik, tampilan situs yang simple memberikan kenyamanan tersendiri ketika Anda mengunjungi BelajarDroid.com #UPDATE 2 Agustus 2013: Situs belajardroid tidak bisa diakses, dan setiap kali Saya coba membukanya muncul se