Langsung ke konten utama

Sehat Alami dengan Produk Indonesia

Sehat Alami dengan Produk IndonesiaSehat Alami dengan Produk Indonesia

Bocahweowe - Hidup sehat alami merupakan dambaan bagi seluruh umat manusia. Baik tua atau muda, kaya atau miskin, semuanya selalu berusaha agar dapat menjalani keseharian dengan tubuh yang sehat wal afiat. Oleh karena itulah tidak mengherankan manakala berbagai jalan ditempuh guna mencegah segala bentuk penyakit. Termasuk di sana dengan berolahraga, istirahat cukup, rutin melakukan cek kesehatan ke dokter/puskesmas secara teratur, mengatur pola makan dan jenis makanan-minuman, hingga mengonsumsi obat/suplemen.

Berbicara mengenai obat, seringkali yang terbayang dalam benak orang Indonesia adalah: lebih baik produk asing, semisal Cina. Meskipun tidak bisa dipungkiri juga bahwa pemahaman itu benar, akan tetapi bukankah akan lebih tepat lagi bijak jika kita (sebagai orang Indonesia) memilih produk dalam negeri. Apalagi Indonesia memiliki banyak sekali tanaman yang berkhasiat untuk pengobatan. Dan itupun telah terbukti dari berbagai produk obat/suplemen asli Indonesia, salah satunya Noni ANAMed.

ANAMed adalah perusahaan swasta nasional yang fokus mengembangkan herbal indonesia untuk kesehatan. ANAMed bervisi memberikan pengalaman gaya hidup sehat (experience the healthy lifestyle) dengan berkah dari produk kesehatan alami untuk siapa saja dan dimana saja.

Terdapat 3 macam Noni ANAMed:
Sehat Alami dengan Produk Indonesia Noni Pure - Bahan : Jus Noni Pure dibuat dari bahan alami yaitu jus buah Noni (Morinda Citrifolia). Tidak mengandung gula, bahan pengawet atau bahan perasa kimia (essence).
Noni Concentrate - Bahan : Jus Noni Concentrate dibuat dari Jus Noni Pure yang dikurangkan kadar airnya, sehingga didapat jus dengan kadar noni yang sangat tinggi. Tidak mengandung gula, bahan pengawet atau bahan perasa kimia (essence).
 Noni Origin - Bahan: Jus Noni Origin dibuat dari bahan alami yaitu jus buah Noni (Morinda Citrifolia) ditambah dengan sari buah Blueberry, sari buah Anggur, sari buah Jeruk (Lemon) dan Madu alami. Tidak mengandung gula, bahan pengawet atau bahan perasa kimia (essence).

Jika kita mencermati dari ketiga macam produk di atas, kita akan menemukan bahwa semuanya berbahan dasar jus Noni. Lalu apa Noni itu sendiri? Noni (Morinda Citrifolia) merupakan buah ajaib yang telah digunakan lebih dari 2,000 tahun lalu untuk mendapat manfaat kesehatan. Secara garis besar, Noni bermanfaat mengobati penyakit: Tekanan darah tinggi, Penyakit kencing manis, Penyakit liver, Batuk, Sembelit, Gejala infeksi pencernaan, Sulit buang air besar, Penyakit kulit, Kelelahan, Beri-beri, Perawatan rambut, infeksi gusi, sariawan, sakit gigi, dan radang tenggorokan dengan cara berkumur, dan lain-lain.
Bahan-bahan Aktif pada Noni dan kegunaannya:

1.  Medium Chain Fatty Acid
  • Semakin matang buah Mangkudu maka bau khasnya semakin kuat. Ini merupakan metabolisme selluer alami yang menghasilkan Asam Lemak Rantai Menengah (Medium Chain Fatty Acid), yaitu asam kaproat (caproic acid) dan asam kaprilat (caprylic acid).
  • Asam lemak ini mempunyai manfaat untuk membunuh bakteri, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah dan lainnya.
2.  Scopoletin
  • Pada tahun 1993, peneliti universitas Hawaii berhasil memisahkan Scopoletin dari buah Mengkudu. Scopoletin dapat membuat pembuluh darah menjadi rileks (tidak kaku), dan bersama dengan Nitric Oxide (NO) bisa memperlebar saluran pembuluh darah.
  • Hal ini bisa bermanfaat untuk menormalkan tekanan darah bagi penderita tekanan darah tinggi. Tampaknya juga ada hubungannya dengan peningkatan vitalitas kaum pria.
  • Selain itu scopoletin juga telah terbukti dapat membunuh beberapa tipe bakteri, bersifat fungisida (pembunuh jamur) terhadap Pythium sp dan juga bersifat antiperadangAndan anti-alergi dan lain-lain.
3.  Nicotianamine
Nicotianamine adalah salah satu yang terkandung pada buah noni sebagai anti penyempitan pembuluh darah. Unsur ini tidak dapat diganti dengan bahan-bahan lain karena hanya akan bermanfaat jika bersatu dengan keseluruhan noni.

4.  Small M.W. Polysaccharide
Polisakarida dikenal dalam ilmu kedokteran sebagai senyawa berkhasiat yangmudah diserap tubuh. Yaitu senyawa yang memacu kekebalan tubuh dan menstimulasi aktivitas makrofag (sel raksasa pemakan benda asing) dan sel Limposit-T (imunitas), juga sebagai antitumor dan antikanker.

Sehat Alami dengan Produk Indonesia
5.  Dietary Fibers (Pectin)
Dietary Fibers adalah serat yang tidak dapat dicerna sehingga melewati usus kecil dan usus besar. hal ini bagus, karena serta aka membuat usus tetap sehat. Tak hanya itu, serat ini sebagai pencegah gangguan diverticulitis serta sembelit. Kebanyakan jenis serat ini digunakan untuk suplemen diet.

6. Iridoid (Asperuloside)
Iridoid adalah unsur yang diproduksi oleh tanaman untuk melawan infeksi dan ancaman lainnya. Iridoid memiliki banyak manfaat diantaranya anti tumor, anti virus, dan imunomodulator.

7.  Bahan Nutrisi
Tubuh kita terdiri dari kumpulan organ- organ yang bekerja secara sinergis. Organ tubuh adalah kumpulan dari jaringan otot yang memiliki fungsi tertentu didalam tubuh. Jaringan otot pada organ tubuh kita terdiri dari sel-sel hidup yang mampu meregenerasi dirinya sehingga terbentuk sel baru untuk menggantikan sel yang telah mati. Untuk itu semua tubuh memerlukan nutrisi agar proses regenerasi jaringan otot tidak terganggu.

8.  Vitamin, Mineral, Asam Amino
Vitamin diperlukan tubuh untuk menjaga fungsi organ agar tetap optimal, begitu pula dengan mineral. Asam amino membantu mencegah penyusutan otot, membantu pembentukan sel darah merah, merangsang pelepasan hormon pertumbuhan, menurunkan kadar kolesterol darah.

Tahukah Anda Bahwa Tanaman Noni Asli Indonesia?
Menurut Ridley, Noni merupakan tanaman asli Indonesia. Masyarakat Indonesia mempunyai pengalaman paling lama di dunia, lebih dari 6,000 tahun dalam menggunakan tanaman Noni sebagai sayuran, makanan dan obat-obatan.

Tahukah Anda Bahwa Noni Indonesia Memiliki Kandungan Nutrisi Terbaik?
Berdasar hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr Nishigaki, chairman of Tokyo Noni Research Center Japan, bahwa Noni dari Indonesia memiliki kandungan nutrisi terbaik (tertinggi) di dunia, sehingga akan bermanfaat dalam menjaga kesehatan dan penyembuhan lebih baik dibanding Noni lainnya. Varietas noni yang digunakan adalah varietas "Great Morinda" atau dikenal sebagai "Queen of Noni".

Lebih lanjut, Dr Nishigaki juga berpendapat: “Noni Juice Indonesia mempunyai kadar Scopoletin tertinggi di dunia. Itu salah satu alasan saya merekomendasikan Anda untuk minum Noni juice asli Indonesia”.

Kandungan Scopoletin Pada berbagai Noni Juice:

Sehat Alami dengan Produk Indonesia
Disamping itu, Noni indonesia (jus Noni ANAMed) juga memiliki kandungan SOD yang lebih tinggi dibandingkan dengan noni hawai, Samoa, dan Tahiti. SOD (Antioksidan Superoxide dismutase) sebagai antioksidan primer, sebenarnya merupakan enzim yang sudah ada di dalam tubuh. Fungsinya yakni melindungi hancurnya sel-sel dalam tubuh serta mencegah proses peradangan karena radikal bebas. Kandungan SOD pada berbagai Noni berdasarkan asalnya:
Sehat Alami dengan Produk Indonesia

Sehat Alami dengan Produk Indonesia
Informasi Tambahan  Terkait Noni
  • Jika Anda minum obat lain (obat-obatan farmasi), sebaiknya beri selang waktu 30 menit s/d 2 jam untuk mengkonsumsi jus Noni. Sebab dikhawatirkan akan saling menetralkan, sehingga masing-masing justru tidak memberikan khasiat pengobatan.
  • Setiap orang mempunyai kebutuhan fisik yang berbeda, karena metabolisme dalam tubuh tiap orang berbeda. Meskipun demikian, secara umum bagi orang yang sehat, konsumsi jus noni cukup 30 ml dua kali sehari, sedangkan bagi yang sedang kurang sehat atau menderita suatu penyakit, dapat diketahui kebutuhan noni setelah mencobanya dalam satu bulan pertama.
  • Mengonsumsi jus noni sebaiknya dilakukan secukupnya (tidak berlebih) tapi teratur dan kontinyu. Untuk sekali minum cukup 30 ml. Hal ini dikarenakan Jus noni memiliki kandungan yang spesial dibandingkan dengan jus buah lainnya.
  • Berbeda dengan obat farmasi dipasaran yang memiliki efek samping, jus noni tidak memiliki efek samping. Jus noni termasuk minuman jus buah alami yang sudah dikonsumsi sebagai obat tradisional selama ribuan tahun, jadi tidak ada efek samping. Namun bagi penderita penderita gagal ginjal, sebaiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.
  • Secara umum, manfaat pengobatan dari Noni sudah dapat dirasakan dalam jangka waktu 3 bulan. Namun semuanya tetap tergantung dari berat dan ringannya penyakit yang diderita.
  • Pengolahan dengan panas yang tinggi dan dalam waktu yang lama, akan merusak kandungan bioaktif penting dalam noni, sehingga harus dihindarkan. Buah noni yang diolah dengan proses panas tinggi seperti saat pengeringan akan merusak senyawa antioksidan dan enzimnya.
Sehat Alami dengan Produk Indonesia
  • Jus noni yang baik diperoleh dari ekstrak sari buah noni tanpa penambahan air. Itulah sebabnya harga jus noni di pasaran sangat bervariasi.
  • Anak sehat sampai usia 5 tahun tidak perlu mengonsumsi jus noni, karena sistem kekebalannya masih baik. Sistem kekebalan manusia berkurang seiring dengan penambahan usia. Akan tetapi untuk anak-anak di atas 5 tahun boleh saja diberi jus noni dengan dosis satu sendok teh sehari.
  • Selain diminum, jus Noni juga dapat digunakan sebagi obat luar. Misalnya (1) dengan mengoleskan jus noni ke kulit terutama wajah yang berjerawat atau panu untuk kembali memuluskan kulit. (2) Dengan mengkompreskan di bagian tubuh yang pegal dengan jus noni.
  • Suplemen dibutuhkan oleh orang yang pola makannya salah, kurang mengonsumsi buah dan sayur, atau kurang nafsu makan, menderita sakit dalam waktu lama maupun sembuh pasca sakit. Kandungan vitamin dan mineral yang ada pada buah dalam suplemen adalah sintetis, jadi melibatkan proses kimia. Sedangkan jus noni adalah buah, maka kandungan vitamin dan mineralnya alami dan mudah diserap tubuh. Akan tetapi harus diperhatikan bahwa faktor pengolahan jus buah alami yang tepat adalah tidak merusak enzim, vitamin dan mineral pada buah yang diolah, seperti jus noni.
  • Noni memiliki sifat meningkatkan kesehatan spesifik. Salah sati sifatnya adalah adaptogen atau membantu tubuh beradaptasi terhadap masalah yang melalui proses biokimiawi dalam tubuh. Riset membuktikan bahwa noni membantu melawan penyakit ditingkat seluler, membantu sel yang sakit kembali berfungsi normal, diantaranya dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki kerusakan (mutasi) DNA dan mencegah terjadinya mutasi DNA baik oleh radikal bebas maupun senyawa kimia yang mutagen dan karsinogen.
  • Beberapa produsen jus noni rumahan atau industri kecil, sering melalaikan teknologi pengolahan yang jauh dari benar dan tepat. Karenanya mutu jus yang dihasilkan dipasaran sangatlah bervariasi. Industri kecil dengan investasi untuk peralatan proses yang sederhana dikhawatirkan menggunakan pengepresan yang tidak stainless steel, sehingga kemungkinan logam terlarut dalam jus noni bisa terjadi, mengingat buah noni di jaman nenek moyang kita juga digunakan untuk mencuci keris.

Cukup mencengangkan, bukan? Buah noni yang memiliki banyak sekali kandungan berkhasiat ternyata tanaman asli Indonesia. Bahkan produk dari Noni itu sendiri yang mempunyai kandungan nutrisi tertinggi juga berasal dari Indonesia, yaitu Noni ANAMed. Realita tersebut sudah barang tentu menjadi suatu kebanggaan bagi kita (sebagai masyarakat Indonesia). Dan wujud dari kebanggan itu akan terlehat jelas manakala kita mau untuk lebih mengutamakan penggunaan produk dalam negeri dibandingkan produk asing. Sehingga diharapkan tiada lagi persepsi  dimasyarakat Indonesia bahwa sehat alami harus mengonsumsi produk impor. Kalau yang asli Indonesia saja jauh lebih baik, untuk apa mencari yang lain?

Referensi:
http://sehatalami.co.id
http://www.anamed.co.id

Komentar

  1. ha ha habis mau koment gimana peraturanya banyak banget oh ya cintai produk dalam negri memang harusnya siapa lagi yang mau mencintai jika kita sendiri benci betul ngak?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Manusia Pertama : Teori Darwin Atau Nabi Adam

Tentang Manusia Pertama : Teori Darwin Atau Nabi Adam Berbicara mengenai sejarah manusia memang dapat menimbulkan rasa tertarik yang begitu membara. Namun demikian, pembahasan tentang sejarah manusia juga tetap tidak bisa lepas dari perasaan bosan lantaran membingungkan. Ketertarikan mempelajarinya timbul sebagai akibat dari berbagai manfaat yang akan dapat diperoleh. Diantaranya ialah bisa mengkaji kehidupan manusia, mulai dari awal hingga saat ini. Sedangkan kebencian belajar sejarah manusia tidak lain disebabkan oleh banyaknya literatur yang tak jarang memberikan informasi berbeda-beda. Kondisi ini wajar karena fakta-fakta pendukung sulit sekali ditemukan, dan kalau sudah ketemu tidak mudah untuk memahami maksudnya. Alhasil, kemudian banyak ilmuwan yang coba mengeluarkan gagasan tentang awal mula manusia berdasarkan ilmu serta bukti yang telah mereka peroleh. Sehingga wajar ketika saat ini sering muncul perdebatan sengit menyangkut kebenaran informasi sejarah. Salah satu yang

Pemanfaatan Teknologi Secara Bijak untuk Indonesia

Pemanfaatan Teknologi Secara Bijak untuk Indonesia Kehadiran teknologi digital memang secara langsung maupun tidak langsung telah memberikan kontribusi yang begitu besar terhadap perkembangan dunia. Di tengah hiruk-pikuk kehidupan seluruh manusia, teknologi agaknya merupakan suatu kebutuhan vital yang paling tidak bisa untuk ditinggalkan. Globalisasi tanpa disadari sudah memaksa setiap orang berbaur dengan segala macam bentuk teknologi. Nekat menolak teknologi akan sama halnya dengan membuang diri jauh ke masa lalu. Sedangkan tidak malu menyalahgunakannya adalah sikap “membunuh“ diri sendiri. Oleh karena itu sebagai bangsa Indonesia yang tak mau terus-menerus tertinggal, tentu mesti bergerak cepat dan tepat terhadap teknologi. Apalagi teknologi cakupannya kompleks dan nyaris menyentuh segala lini kehidupan, maka tiada alasan bagi semuanya untuk tidak mau dan tidak mampu memanfaatkan teknologi yang ada secara bijak dan maksimal. Bentuk pemanfaatan teknologi digital sendiri cu

Berbagi Informasi dan Belajar Android Mudah

Berbagi Informasi dan Belajar Android Mudah di BelajarDroidCom Sebagai salah satu elektronik canggih masa kini, Android memang kian banyak peminatnya. Dengan bentuk yang sebegitu praktis, serta fitur-fitur di dalamnya yang terbilang lengkap, tentu Android dapat menjadi semacam alat efektif lagi efisien   dalam menunjang kehidupan sehari-hari manusia. Namun demikian, sehubungan dengan kehadiran Android di Indonesia yang belum lama, maka wajar jika tak sedikit yang belum sanggup mengoptimalkan segala fasilitas pada Android. Nah, menanggapi problema di atas, BelajarDroid.com (sebagai blog komunitas bagi pengguna pemula Android) hadir menyajikan berbagai macam informasi, tips, tutorial, serta berita seputar sistem operasi Android. Selain materi-materi/postingan yang menarik, tampilan situs yang simple memberikan kenyamanan tersendiri ketika Anda mengunjungi BelajarDroid.com #UPDATE 2 Agustus 2013: Situs belajardroid tidak bisa diakses, dan setiap kali Saya coba membukanya muncul se