Langsung ke konten utama

Keuntungan Website | Manfaat Memiliki Website

 Keuntungan Website | Manfaat Memiliki Website

Di era globalisasi seperti yang kita semua rasakan sekarang ini, teknologi informasi memang semakin maju dan kompleks. Nyaris tiada yang belum pernah mengakses atau bahkan sama sekali tidak mengenal intenet. Di samping untuk mengaksesnya yang telah begitu mudah dan murah, lewat media internet itu pula segala macam bentuk keperluan dapat dicari dan kemudian diperoleh. Mulai dari berita, hiburan, sampai barang dagang yang sulit ditemukan pada toko-toko. Maka bukan keanehan manakala mayoritas umat manusia di segala penjuru dunia ini tidak bisa lepas dari internet dalam kehidupan sehari-harinya.

manfaat memiliki website keuntungan websiteRealita di atas secara tersirat menyatakan bahwa kini internet merupakan kebutuhan yang begitu vital. Artinya, internet pada dasarnya memberikan banyak jalan bagi siapa saja yang mau memanfaatkan. Tidak hanya dalam mencari sesuatu, melainkan juga menyediakan sesuatu. Satu diantaranya ialah melalui usaha membuat website. Disadari atau tidak, jumlah alamat website di dunia maya sekarang sudah sulit sekali didata. Saking banyaknya. Sedangkan menurut hemat penulis, para pemilik website adalah contoh orang yang tak mau membiarkan begitu saja perkembangan internet tanpa hasil. Mengapa? Sebab website tiada lepas dari internet serta memiliki andil besar didalamnya. Dan seperti yang tersebutkan di muka, internet adalah kebutuhan vital manusia, maka website pun penting adanya bagi orang lain.


Lalu apa manfaat-manfaat website yang dianggap penting (sehingga timbul persuasi untuk membuat website lalu mengelolanya) itu? Berikut adalah penjelasannya:

ü  Media Promosi dan Jual-Beli Barang Maupun Jasa

Bukan hal baru pastinya dengan yang disebut sebagai bisnis online. Tanpa perlu kesana-kemari mencari fakta lagi, metode promosi maupun jual-beli barang dan jasa via online (website) telah terbukti keampuhannya. Tidak sedikit para wirausahawan yang mendadak bisnisnya berhasil setelah mengubah pola bisnisnya menjadi online alias memanfaatkan website. Begitu pula bisnisman yang sejak awal memang langsung terjun ke bisnis online, barang atau jasa menjadi mudah laku.

Dengan mamaksimalkan website dalam dunia wirausaha memanglah jauh berbeda kalau dibandingkan dengan bisnis offline (tanpa website). Pertama, dengan bantuan website aktivitas iklan atau sosialisasi produk kepada masyarakat luas menjadi kian mudah tanpa perlu membayar, tidak seperti ketika beriklan di media massa. Kedua, isi iklan dan identitas barang ataupun jasa yang ditawarkan dapat dijelaskan mendetail dan diatur tampilannya agar enak dibaca.

ü  Tempat Untuk Sharing

Seperti hanya blog, website juga memiliki fungsi sebagai tempat untuk berbagi. Dalam konteks ini tidak hanya sebatas pada hal-hal berbau pengalaman atau diary, melainkan mengenai berbagai disiplin ilmu. Entah itu IPTEK, resep, tutorial, karya sastra, maupun hasil karya lainnya semacam laporan. Dengan media website proses penyebaran hasil karya pun menjadi lebih mudah dan cepat. Sehingga otomatis akan lebih banyak mendapatkan pembaca dan komentator. Oleh karena itu, bagi yang hobi sekali menulis, segera ayo buat website. Jangan hanya sekedar menumpuk karya, tetapi mari share tulisan-tulisan itu kepada khalayak umum. Kan lebih banyak memberi manfaat?

ü  Melahirkan Sikap Bijak Terhadap Pemanfaatan Teknologi Informasi

Aktivitas-aktivitas online semacam bermain jejaring sosial atau game online agaknya sudah biasa dan kurang memberikan manfaat positif. Jika hanya bersenang-senang, yang ada boleh jadi sekedar membuang waktu secara percuma. Nah, dengan membuat website lalu aktif mengelolanya, tentu akan mengurangi jam bermain game maupun jejaring sosial. Seperti telah dijelaskan di muka, website dapat menjadi media promosi dan sharing, maka dengan ruang itulah kita dapat mengisi waktu dengan aktif mengupdate website.

ü  Sarana Gampang Membangun Komunitas
Komunitas memang tengah mengalami kemajuan pesat dewasa ini. Berbagai komunitas yang mengusung tema beragam terus saja bermunculan. Dan bagaimanapun yang namanya komunitas jelas butuh anggota tak sedikit. Pada kasus tersebut, website kembali memiliki peran yang besar ketika dimanfaatkan dalam proses pencarian anggota. Karena internet cakupannya mendunia, dan website bagian dari internet, otomatis akan berimbas manakala website digunakan untuk keperluan mencari anggota sebuah komunitas. Tanpa menggunakan website mungkin sulit memperoleh anggota dari daerah, pulau, bahkan negara lain. Namun setelah website turut membantu permasalahan ini bisa menjadi gampang.

ü  Sebagai Lapangan Pekerjaan

Aneh memang, bagaimana bisa website disebut sebagai suatu lapangan pekerjaan, tapi inilah kenyataan. Sebagimana media-media lainnya, website juga dapat dialihfungsikan sebagai media mencari nafkah. Diantaranya ialah melalui penyedian jasa iklan bagi para advertisers. Teruntuk yang telah mengenal banyak tentang website dan terus aktif dengannya, fakta di atas boleh jadi tidak asing lagi, akan tetapi bagi yang masih awam, kenyataan itu dapat disebut sebuah kalimat persuasi atau motivasi. Apalagi bagi yang sulit mendapatkan pekerjaan setelah bertahun-tahun menempuh pendidikan. Ayo bangun kesuksesan lewat website!

Itulah kiranya beberapa manfaat dari website yang dapat dicapai oleh pemiliknya. Begitu menarik, bukan? Lalu tunggu apa lagi: ayo buat website sekarang juga. Jangan sia-siakan kemajuan teknologi informasi yang begitu pesat ini.

Akan tetapi satu hal yang perlu diketahui bahwa sebelum bisa menikmati semua manfaatnya, tentu harus melewati proses pembuatan website yang terkadang sulit. Apalagi jika menginginkan website yang bagus dan berkualitas. Maka dari itu, sebaiknya anda mengerti terlebih dahulu mengenai jasa pembuatan website paling terpercaya, yakni babastudio.com. untuk penjelasan lebih lanjutnya tentang Baba studio dapat dibaca di: Babastudio Tempat Konsultasi dan Pelatihan IT

Komentar

  1. benar kawan..begitu banyak sebenarnya manfaat memiliki website :)

    BalasHapus
  2. Internet memang sangat memudahkan mendapat info yang dibutuhkan. Tapi sayang banget ... juga semakin banyak yang menyalahgunakannya. Penjajahan mental dan moral lewat internet semakin sulit untuk di bendung.
    Support.

    BalasHapus
  3. internet memang telah menjadi 5 sehat 6 sempurna sebagai kebutuhan pokok sebagian besar manusia, apa yang tidak ada disini, mantab postinganya sobat, salam kenal dikunjungan perdana ini...

    BalasHapus
  4. tergangtung pada user nya,
    jika usernya bisa mengambil manfaat dari internet, pasti bisa berguna dan bermanfaat, baik untuk dirinya maupun untuk orang lain.
    tetapi jika sebaliknya, moral kita akan jadi korban..
    salam super sobat

    BalasHapus
  5. setuju kang, kalau boleh nambahin..bisa jadi pelipur dikala hati sedang lara..juga bisa dapet pahala kalau disetiap akhir komentar mengucapkan do'a kepada pemilik blog...:o)
    contohnya:
    salam sehat selalu untuk akang sekelarga...hehe

    BalasHapus
  6. mantab sob,,,kita bisa juga mengekplorasikan ide2 yg mungkin bermanfaat buat orang lain

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Manusia Pertama : Teori Darwin Atau Nabi Adam

Tentang Manusia Pertama : Teori Darwin Atau Nabi Adam Berbicara mengenai sejarah manusia memang dapat menimbulkan rasa tertarik yang begitu membara. Namun demikian, pembahasan tentang sejarah manusia juga tetap tidak bisa lepas dari perasaan bosan lantaran membingungkan. Ketertarikan mempelajarinya timbul sebagai akibat dari berbagai manfaat yang akan dapat diperoleh. Diantaranya ialah bisa mengkaji kehidupan manusia, mulai dari awal hingga saat ini. Sedangkan kebencian belajar sejarah manusia tidak lain disebabkan oleh banyaknya literatur yang tak jarang memberikan informasi berbeda-beda. Kondisi ini wajar karena fakta-fakta pendukung sulit sekali ditemukan, dan kalau sudah ketemu tidak mudah untuk memahami maksudnya. Alhasil, kemudian banyak ilmuwan yang coba mengeluarkan gagasan tentang awal mula manusia berdasarkan ilmu serta bukti yang telah mereka peroleh. Sehingga wajar ketika saat ini sering muncul perdebatan sengit menyangkut kebenaran informasi sejarah. Salah satu yang

Pemanfaatan Teknologi Secara Bijak untuk Indonesia

Pemanfaatan Teknologi Secara Bijak untuk Indonesia Kehadiran teknologi digital memang secara langsung maupun tidak langsung telah memberikan kontribusi yang begitu besar terhadap perkembangan dunia. Di tengah hiruk-pikuk kehidupan seluruh manusia, teknologi agaknya merupakan suatu kebutuhan vital yang paling tidak bisa untuk ditinggalkan. Globalisasi tanpa disadari sudah memaksa setiap orang berbaur dengan segala macam bentuk teknologi. Nekat menolak teknologi akan sama halnya dengan membuang diri jauh ke masa lalu. Sedangkan tidak malu menyalahgunakannya adalah sikap “membunuh“ diri sendiri. Oleh karena itu sebagai bangsa Indonesia yang tak mau terus-menerus tertinggal, tentu mesti bergerak cepat dan tepat terhadap teknologi. Apalagi teknologi cakupannya kompleks dan nyaris menyentuh segala lini kehidupan, maka tiada alasan bagi semuanya untuk tidak mau dan tidak mampu memanfaatkan teknologi yang ada secara bijak dan maksimal. Bentuk pemanfaatan teknologi digital sendiri cu

Berbagi Informasi dan Belajar Android Mudah

Berbagi Informasi dan Belajar Android Mudah di BelajarDroidCom Sebagai salah satu elektronik canggih masa kini, Android memang kian banyak peminatnya. Dengan bentuk yang sebegitu praktis, serta fitur-fitur di dalamnya yang terbilang lengkap, tentu Android dapat menjadi semacam alat efektif lagi efisien   dalam menunjang kehidupan sehari-hari manusia. Namun demikian, sehubungan dengan kehadiran Android di Indonesia yang belum lama, maka wajar jika tak sedikit yang belum sanggup mengoptimalkan segala fasilitas pada Android. Nah, menanggapi problema di atas, BelajarDroid.com (sebagai blog komunitas bagi pengguna pemula Android) hadir menyajikan berbagai macam informasi, tips, tutorial, serta berita seputar sistem operasi Android. Selain materi-materi/postingan yang menarik, tampilan situs yang simple memberikan kenyamanan tersendiri ketika Anda mengunjungi BelajarDroid.com #UPDATE 2 Agustus 2013: Situs belajardroid tidak bisa diakses, dan setiap kali Saya coba membukanya muncul se