Langsung ke konten utama

Cara Tepat Belajar Bahasa Inggris

cara tepat belajar bahasa inggris

       Cara Tepat Belajar Bahasa Inggris

Seperti  pada proses belajar umumnya, baik eksakta maupun yang noneksakta, sebelum belajar bahasa inggrispun juga harus ditananamkan terlebih dulu rasa senang. Pada hal ini, tentu menyenangi segala sesuatu yang menyangkut dengan bahasa inggris. Karena apa? Sebab dengan teknik belajar seperti apapun, waktu seberapa lama, dimana saja tempatnya, siapapun pembimbingnya, dst, jika dalam dirinya sudah tertancap rasa benci dan takut pada bahasa inggris, hasilnya bisa  dipastikan tidak akan maksimal.

Nah, merespon pernyataan diatas, kiranya kini sangat vital adanya untuk membangun rasa senang terhadap bahasa inggris sebelum memulai proses kegiatan belajar. Ditelisik lebih jauh, sebetulnya ada beberapa cara yang mampu melahirkan rasa senang juga suka terhadap bahasa inggris. Dan itu merupakan sesuatu yang bisa dikatakan sepele. Misalkan saja lewat mendengarkan musik (lagu) berbahasa inggris, baca komik bahasa inggris, nonton film favorit versi bahasa inggris, dan masih banyak yang lainnya.

Selanjutnya, bila anda telah merasa senang betul dengan bahasa inggris, tiba waktunya untuk memulai belajar. Kalau seorang pelajar mungkin bisa melakukan proses belajar mulai dari sekolah. Ataupun ada juga yang masih ditambah dengan mengikuti les diberbagai bimbingan belajar serta membeli seabrek buku sebagai pelengkap. Yang mana usaha tersebut membutuhkan biaya yang tak sedikit. Sedangkan yang perlu dimengerti, bahwa dibalik pengorbanan yang sesuper itu, tak jarang pula hasilnya tidak sesuai dengan apa yang jadi harapan. Mengapa bisa demikian? Kita ketahui jam pulang sekolah saja sekarang hingga nyaris sore hari. Apabila ditambah dengan les yang waktunya hanya berselang beberapa jam kemudian, niscaya bukan menjadi suatu nan mustahil kalau siswa pulang sekolah sekedar  makan dan ganti baju doank. Terlebih, sepulang dari les nanti masih harus mengerjakan tugas-tugas. Dengan demikian, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwasanya waktu istirahat yang berguna untuk menyimpan pelajaran-pelajaran yang telah diterima sekaligus merefrehnya kembali menjadi tiada. Klimaksnya, tidak cuma bahasa inggrisnya yang amburadul, pelajaran lainpun memiliki kemungkinan besar turut berantakan.

Kesalahan cara belajar bahasa inggris lainnya ialah menggunaan metode menghafal kamus. Seharusnya disadari, metode ini sama sekali tidak akan efektif. Seluruh kata dalam kamus mustahil dihafal dengan cara semacam itu. Kalaupun bisa mungkin hanya berapa ratus, dan itupun belum tentu akan sangat membantu atau berguna. Anda tidak percaya? Silahkan praktekkan dan buktikan ilmu tadi dengan mencoba memahami suatu artikel bahasa inggris dikoran, majalah, internet, dll. Bingung, linglung, dan pusinglah yang akan terasa. Sebab kata-kata beserta artinya yang berhasil menjadi suatu diluar kepala tersebut jika diterapkan langsung dalam tiap-tiap kalimat dari artikel, hasilnya justru sering kali nggak nyambung. Fenomena ini dikarenakan banyaknya arti dari setiap kata bahasa inggris. Beda bentuk (pola) kalimat, bisa jadi beda makna. Beda konteks artikel, beda maksud. Ada pula beberapa kata bahasa inggris yang disusun (digabung) pada suatu kalimat, tetapi sebenarnya mengandung satu arti, dan masih banyak lagi penyebab-penyebabnya.

Bagaimana solusinya...???
  
Pertama, terapkan prinsip tiada hari tanpa bahasa inggris dalam belajar, agar materi tidak mudah lupa. Namun saya sarankan untuk jangan terlalu memaksakan diri terus belajar dalam durasi lama per harinya. Terutama jika kondisi tubuh sudah tak mendukung, seperti lelah, pusing, ngantuk, dan hal-hal yang mengganggu konsentrasi lainnya. Beri waktu istirahat atau jeda yang cukup supaya saat belajar bahasa inggris tidak terlalu tegang dan hasilnyapun optimal.
  
Kedua, berlatihlah untuk belajar bahasa inggris sendiri. Usahakan jangan terlalu tergantung pada guru pembimbing. Sebab masih ada alat pembantu lainnya yang tetap mengajarkan sifat mandiri, seperti kamus, buku, maupun media elektronik. 

Ketiga, hindari usaha menghafal kamus. Akan tetapi  sebaliknya, biasakan untuk belajar secara kontekstual. Maksudnya dengan cara terjun langsung dalam suatu pararaf atau bacaan bahasa inggris. Coba pahami isinya dengan mengartikan kalimat demi kalimat. Apabila ada yang sulit artinya, jangan terburu-buru memakai alat bantu, melainkan ulangilah lagi memahami beberapa kalimat sebelumnya, ataupun lanjut kekalimat selanjutnya. Hal itu dikarenakan intinya masih berkesinambunagan dan seringkali akan dapat membantu anda menemukan arti dari kata yang menurut anda asing tersebut. Barulah kemudian cocokkan arti itu dengan kamus sudah sama atau belum. Selanjutnya buatlah word list untuk setiap kata-kata yang pernah anda pusingkan plus artinya pula pada buku. Dengan demikian, anda akan terlatih bersikap aktif membaca, berfikir, dan menulis.
  
Keempat, jangan mudah menyerah. Cobalah untuk menambah maupun mengganti cara belajar sekarang, kalau memang dirasa kurang membuahkan hasil maksimal. Hal ini juga akan mengurangi resiko cepat bosan terhadap bahasa inggris.

Itulah Cara Tepat Belajar Bahasa Inggris yang menurut Saya patut Sobat coba. Gua sendiri masih agak kesulitan dengan Bahasa Inggris (mungkin lantaran belum bisa menerapkan tips yang telah Gua tulis sendiri di atas secara maksimal dan kontinyu). Makanya, sekarang juga ayo kita tantang diri kita pribadi untuk jadi orang berhasil. Yang tidak lain yaitu dengan jalan bekerja keras dan tak gampang putus asa. Itu saja.

Komentar

  1. info bagus gan. saya juga lagi belajar bahasa Inggeris nih.....trims sudah berkunjung

    BalasHapus
  2. sudah terlalu tua mas, jadi kalau belajar harus ekstra keras . . . tapi mantap infonya . .

    BalasHapus
  3. @mempawah creation: makasih juga gan...yah, gua juga lagi blajar kog..
    @muhaimin: yah, betul Mas, kitaharus ekstra keras dlam belajar. tak ada kata trlmbat utk blajar...

    -yeah.x-

    BalasHapus
  4. Wah bagus juga nih ulasannya !!! .... mantap Bro

    BalasHapus
  5. bagus kalau gitu...blajar bahasa inggrisnya bsa trus jalan tu om Miecyber, meski lwat email...tpi tntu kemampuan bahasa inggris anda akan trus meningkat....SEMANGAT!!!!

    BalasHapus
  6. menarik ulasan dan infonya sob, brmanfaat..thanks

    BalasHapus
  7. kalo bahasa inggris aku ampun gan
    tak bisa sama sekali melainkan hanya sedikit

    BalasHapus
  8. asiiik mau nih belajar bahasa inggris. bahasa inggris ane rada ancur sob hehe

    BalasHapus
  9. Tips yang menarik sobat..msh belajar bahasa inggris cman memang susah banget..mau coba tips dari sobat mudah2an bsa cepat lancar berbahasa inggris..thanks sudah berknjung diblog aku..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Manusia Pertama : Teori Darwin Atau Nabi Adam

Tentang Manusia Pertama : Teori Darwin Atau Nabi Adam Berbicara mengenai sejarah manusia memang dapat menimbulkan rasa tertarik yang begitu membara. Namun demikian, pembahasan tentang sejarah manusia juga tetap tidak bisa lepas dari perasaan bosan lantaran membingungkan. Ketertarikan mempelajarinya timbul sebagai akibat dari berbagai manfaat yang akan dapat diperoleh. Diantaranya ialah bisa mengkaji kehidupan manusia, mulai dari awal hingga saat ini. Sedangkan kebencian belajar sejarah manusia tidak lain disebabkan oleh banyaknya literatur yang tak jarang memberikan informasi berbeda-beda. Kondisi ini wajar karena fakta-fakta pendukung sulit sekali ditemukan, dan kalau sudah ketemu tidak mudah untuk memahami maksudnya. Alhasil, kemudian banyak ilmuwan yang coba mengeluarkan gagasan tentang awal mula manusia berdasarkan ilmu serta bukti yang telah mereka peroleh. Sehingga wajar ketika saat ini sering muncul perdebatan sengit menyangkut kebenaran informasi sejarah. Salah satu yang

Pemanfaatan Teknologi Secara Bijak untuk Indonesia

Pemanfaatan Teknologi Secara Bijak untuk Indonesia Kehadiran teknologi digital memang secara langsung maupun tidak langsung telah memberikan kontribusi yang begitu besar terhadap perkembangan dunia. Di tengah hiruk-pikuk kehidupan seluruh manusia, teknologi agaknya merupakan suatu kebutuhan vital yang paling tidak bisa untuk ditinggalkan. Globalisasi tanpa disadari sudah memaksa setiap orang berbaur dengan segala macam bentuk teknologi. Nekat menolak teknologi akan sama halnya dengan membuang diri jauh ke masa lalu. Sedangkan tidak malu menyalahgunakannya adalah sikap “membunuh“ diri sendiri. Oleh karena itu sebagai bangsa Indonesia yang tak mau terus-menerus tertinggal, tentu mesti bergerak cepat dan tepat terhadap teknologi. Apalagi teknologi cakupannya kompleks dan nyaris menyentuh segala lini kehidupan, maka tiada alasan bagi semuanya untuk tidak mau dan tidak mampu memanfaatkan teknologi yang ada secara bijak dan maksimal. Bentuk pemanfaatan teknologi digital sendiri cu

Berbagi Informasi dan Belajar Android Mudah

Berbagi Informasi dan Belajar Android Mudah di BelajarDroidCom Sebagai salah satu elektronik canggih masa kini, Android memang kian banyak peminatnya. Dengan bentuk yang sebegitu praktis, serta fitur-fitur di dalamnya yang terbilang lengkap, tentu Android dapat menjadi semacam alat efektif lagi efisien   dalam menunjang kehidupan sehari-hari manusia. Namun demikian, sehubungan dengan kehadiran Android di Indonesia yang belum lama, maka wajar jika tak sedikit yang belum sanggup mengoptimalkan segala fasilitas pada Android. Nah, menanggapi problema di atas, BelajarDroid.com (sebagai blog komunitas bagi pengguna pemula Android) hadir menyajikan berbagai macam informasi, tips, tutorial, serta berita seputar sistem operasi Android. Selain materi-materi/postingan yang menarik, tampilan situs yang simple memberikan kenyamanan tersendiri ketika Anda mengunjungi BelajarDroid.com #UPDATE 2 Agustus 2013: Situs belajardroid tidak bisa diakses, dan setiap kali Saya coba membukanya muncul se